Your search results

Masjid Perumahan Bumi Sejahtera Juanda

Posted by degrisarsitek3_db on December 28, 2019
| 0

Masjid Perumahan Bumi Sejahtera Juanda

 

Masjid merupakan pusat kegiatan dan peradaban umat. Demikianlah yang tercatat dalam sejarah Islam sejak masa Rasulullah hingga masa para khalifah setelah beliau. Area masjid bukan hanya menjadi tempat untuk melaksanakan shalat, dan dzikir. Namun Rasulullah juga menjadikan masjid sebagai tempat untuk menyelesaikan persoalan umat, tempat mendidik dan membina umat, pusat ekonomi dengan adanya baitul maal, bahkan Rasul juga menerima tamu/ utusan negara lain serta mengatur strategi, dan latihan/persiapan perang di area Masjid. Demikianlah peran masjid sebagaimana yang telah dicontohkan Rasul.

Beranjak dari hal tersebut desain masjid ini berupaya merujuk pada hal tersebut dalam hal prinsip konsep tata ruangnya.

Keseluruhan area masjid ini kurang lebih sekitar 960m2. Masjid ini memiliki panjang 35m dan lebar 25m. Terdiri dari  area utama masjid (area shalat) seluas sekitar 430m2. Selasar + sirkulasi seluas kurang lebih 400m2. Sementara area lain yang bersifat penunjang seperti tempat wudhu,  ruang takmir, ruang audio, perpustakaan mini, dll. luasnya sekitar 130 m2. Dapat dilihat bahwa area selasar sekaligus sirkulasi hampir seluas area utama masjid.

Selasar yang luas ini berfungsi sebagai area multifungsi untuk beragam kegiatan masyarakat. Mulai dari area perluasan shalat ketika shalat jumat atau shalat Ied, penggunaan untuk majelis atau kajian nisa/ jamaah wanita terutama bagi yang sedang berhalangan, hingga sebagai area walimah/resepsi bagi yang menikah di masjid, dll.

Akses ke dalam masjid sendiri terbagi menjadi tiga. Yaitu 1 akses utama dan 2 akses samping. Dengan pembagian akses tersebut, maka pengelolaan kegiatan-kegiatan di masjid dapat diatur dengan lebih mudah oleh pengelola/takmir. Terutama terkait pembagian dan pemisahan area kegiatan jamaah perempuan dan laki-laki.

Dari segi tampilan (façade) bangunan, bangunan mengambil bentukan sederhana dengan aksen pola geometri yang kental dalam seni Islam. Dinding selasar menggunakan material GRC atau rooster sehingga masih memungkinkan cahaya alami untuk masuk.

Demikian konsep masjid Perumahan Bumi Sejahtera Juanda ini. Hanya dengan selasar sebagai solusi sederhana, disertai dengan pembagian tata ruang yang jelas dan simpel, konsep masjid yang kuat yaitu masjid sebagai pusat kegiatan masyarakat dapat dicapai.

Leave a Reply

Your email address will not be published.